Nenek Jordi Amat Menangis Disambangi Pengurus PSSI

By ommed


nusakini.com - Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani mengungkapkan, menyambangi keluarga calon pemain naturalisasi menjadi sebuah langkah tepat, karena mereka merasa dihargai.

Hal itu diungkapkan Hasani ketika memberikan laporan kepada ketua umum PSSI Mochamad Iriawan terkait perkembangan naturalisasi pemain. Dalam beberapa pekan terakhir, Hasani bersama utusan khusus PSSI Hamdan Hamedan memang mengunjungi keluarga pemain calon naturalisasi.

Hasani dan Hamdan berangkat ke Belanda dan Belgia untuk menemui keluarga dan pemain, termasuk mengurus segala administrasi terkait proses naturalisasi. Menurut Hasani, pemain sangat antusias menjadi warga negara Indonesa (WNI), dan keluarga mereka merasa terharu menerima dua orang utusan PSSI.


“Bahkan neneknya Jordi sampai nangis. Jadi, memang gaya timur yang diminta oleh ketua umum PSSI untuk kulonuwun (permisi) kepada keluarga sangat tepat. Mereka berterima kasih kepada kita (PSSI), karena sudah datang ke sini (Belgia dan Belanda) menemui keluarga Jordi dan Sandy,” papar Hasani dikutip laman resmi PSSI.

Sedangkan Hamdan mengatakan, sebetulnya banyak pemain keturunan Indonesia bermain di Eropa yang rata-rata berusia muda antara 18 dan 20 tahun. Tak sedikit yang menjadi starter di klubnya masing-masing.

Ketika berkunjung ke Belanda, Hasani dan Hamdan sudah menemui Ivar Jenner, gelandang tim muda FC Utrecht, dan memiliki darah Indonesia dari ayah. Nenek dari ayahnya Ivar berasal dari Jember, Jawa Timur, dan Ivar sendiri lahir di Belanda, pada 2004.


“Tentu ini bisa menjadi bahan diskusi antara PSSI, direktur teknik, dan [pelatih] Shin Tae-yong. Data soal pemain ini akan saya berikan ke PSSI. Selanjutnya terserah PSSI,” jelas Hamdan.

Sementara itu, Iriawan merasa senang dengan sambutan hangat dari keluarga pemain. Iriawan mengatakan, para calon pemain naturalisasi ini sudah menegaskan ketidaksabaran mereka untuk memakai jersey timnas Indonesia.

Iriawan pun meminta meminta Sekjen PSSI Yunus Nusi untuk menindaklanjuti proses naturalisasi, terutama untuk Jordi dan Sandy yang sudah menyatakan tekadnya.

“Tentu setelah ini, kami akan minta waktu kepada Menpora untuk melaporkan progres ini. Setelah ada arahan dari Menpora, PSSI akan melangkah ke proses selanjutnya,” ujar Yunus. (gi/om)